Perbedaan dan Cara Membedakan Garansi Resmi dan Distributor laptop Notebook dan Komputer Brand Lenovo Asus Acer HP Dell

Cara Membedakan Garansi Resmi dan Distributor Laptop atau Notebook

Garansi Resmi



Store Lenovo Di BeijingPada artikel ini Kami akan Memberikan Gambaran dan Perbedaan mengenai Garansi Laptop, Notebook ataupun Komputer serta All In One sekalipun. Berikut Perbedaan dari Masing-masing Garansi.


Sebagaimana diketahui dalam tahun-tahun terakhir ini dunia Perekonomian dan Transaksi Jual Beli dunia telah Berubah secara Global baik dari segi Alur Masuk barang, sampai proses Penjualan Barang itu sendiri dimana sekarang lagi Marak nya Penjualan Online.
Berbeda dengan Beberapa tahun Kebelakang dulu, disaat semua barang elektronik Khususnya Komputer belum marak dan mengenai yang Namanya Garansi Distributor dan Juga Barang Black Marketing. Dimana semua Toko dan Mall mall Menjual Produk Resmi dan Via Jalur Distributor yang ditunjuk Langsung dari Pihak Vendor Resmi nya masing-masing.

Perbedaan Garansi Resmi dan Garansi Non Resmi (Distributor dan BM)

  • Barang impor langsung oleh perusahaan lokal yang secara resmi ditunjuk oleh produsen merk tersebut, contohnya Kalo Lenovo : ECS, Visiland, dll. Sedangkan Kalo yang Garansi Distributor dan Juga Yang BM,  di impor oleh perusahaan atau individu yang tidak ditunjuk oleh produsen merk seperti Lenovo, Asus, Acer, dll. Oleh karena itu Legalitasnya yang dipertanyakan dan tidak bergaransi Resmi untuk Negara Indonesia.
  • Layanan Sales dan After Sales. Untuk layanan Sales atau Penjualan yang Resmi, kamu bisa langsung Mengunjungi Exclusive Store atau Show Room Brand nya langsung yang tersebar di Seluruh Store Resmi dan kamu juga bisa menghubungi mereka via Website dan Chating yang biasanya tersedia di website tersebut,  atau Call ke Service Center, serta Layanan After Sales nya juga terutama Layanan Service Center nya yang tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia. Tentunya Unit kamu sendiri Apabila Bergaransi Resmi Indonesia, apabila ada sesuatu atau Kerusakan, Pergantian Sparepart baik masih tercover Garansi maupun sudah Habis Masa Garansi, tentunya akan diterima oleh Service Center di seluruh Indonesia. Tetapi, untuk Yang bergaransi Distributor dan BM, mohon maaf apabila anda mendapat trouble ataupun Masalah lalu anda mengadu ke Service Center, maka service center tidak akan Menerima dan anda tidak akan bisa klaim apapun oleh Service Center se-Indonesia karna bukan Barang Resmi untuk Barang Masuk / diperuntukan untuk di Indonesia.
  • Spesifikasi dan Bentuk Barang. Adapun untuk spesifikasi Lengkap, baik itu Processor, RAM, Storage, OS, warna, dll Untuk di Garansi Resmi itu Semua Pricelist nya terdapat di Brosur dan Katalog Brand nya sendiri yang terdapat di Seluruh Official Store atau Sales Multi Brand. Jadi spek yang diusung itu harusnya serupa dan mempunyai SKU / MTM yang serupa. 
Contoh, Misal di Lenovo IdeaPad 310 dengan spesifikasi Intel Core i5-7200U, RAM 4GB DDR4, HDD 1 TB, OS, DOS, MTM yang beredar adalah : MTM: 80TU003SID (black) 80TU003UID (silver) 80TU003VID (white), Dll. Dan Khusus untuk Lenovo, Akhiran Belakang ID, itu menandakan Barang tersebut diperuntukan untuk Indonesia. Jadi bisa dengan Mudah melihat Country Of Origil barang tersebut dari MTM nya juga. Dan Kamu bisa mengecek info warranty dan Detail Produk nya sendiri di website Vendor Brand tepatnya di bagian Support.

Cara Membedakan Garansi Resmi dan Distributor Laptop, Notebook atau Komputer.

Nah, Bagaimana cara membedakan barang dengan garansi Resmi dan Garansi Distributor, kami akan menginformasikan sebagaimana secara kasat mata dan secara Lazimnya saja. Kita contoh Ambil Sampel nya dari Brand Lenovo. Berikut akan kami sebutkan Beberapa Bentuk dan Fisik ekternal maupun internal dari beberapa sumber dan Lapangan.
  • Didalam Kotak Produk, tidak terdapat Kartu Garansi dengan Logo Brand, seperti gambar dibawah ini.
Contoh Kartu Garansi Lenovo
Kartu Garansi Resmi Lenovo Indonesia

Jika barang tersebut Resmi, maka akan disertakan Kartu Garansi Lenovo nya. Dan jika agan membeli nya, jangan lupa untuk mengisi Data Pelanggan di Kartu Garansi tersebut, lalu nanti pihak dealer selaku Penjual akan mengambil lembaran Awal / Untuk dealer nya dan Membubuhi Tanggal pembelian dan Stampel di Kartu garansi nya sebagai tanpa garansi nya dimulai.
Tetapi untuk Garansi Distributor, Tidak terdapat Kartu Garansi dari Lenovo Indonesia, melainkan dari PT atau Nama Importing Distributor Barang tersebut. Beberapa nama yang sering didengar : Aedupac, SSSC, DSSC, Berrindo, Bless.
Kartu Garansi Distributor
Kartu Garansi barang Distributor

Itu artinya jika kamu akan melakukan Klaim Service, yang hanya ke Service Center dia aja. Jika ke Service Center Resmi biasanya susah di terima atau jika diterimapun akan dikenakan biaya Reparasi meskipun barang masih dalam cakupan Garansi Toko / Distributor dan walaupun masih dalam pemakaian 1-2 hari sejak beli.
  • Identifikasi MTM atau SKU dan SN secara Online untuk Validasi. Jika agan ingin memastikan secara real dan ontime, maka ada database induk yaitu setiap brand pasti Menyimpan Data baik itu Nama Model, Tanggal garansi, dan juga ada Country Of Origin, yaitu Nama Negara dimana Barang itu diperuntukan.
Contoh kita ambil sampel : Lenovo Legion Y520 dengan MTM: 80WK0024ID SN: PF0MS*** , akan kita cek.
Pertama, Cari di Google, Cek Garansi Lenovo, dan Pilih paling atas, yaitu alamat http://pcsupport.lenovo.com/id/id/warrantylookup
Pilih Cek Garansi : Cek Garansi Lenovo Laptop Serial Number
Masukan SERIAL NUMBER Komputer anda, biasanya terletak di Bawah Unit, Kardus, dan Juga di BIOS juga ada. Jika Serial Number yang anda masukan  benar, nanti akan muncul langsung Nama Produk nya apa, Model, dan MTM apa, tinggal anda konfirmasi YES.
Cek Garansi Lenovo Laptop Serial Number
Jika berhasil, akan muncul Keterangan garansi, Factory Warranty, Negara Peruntukan, dan Menu untuk Perpanjang garansi. Diatas adalah Contoh untuk Tampilan bagi yang Garansi Resmi Lenovo Indonesia 2 Tahun.
Cek Garansi Lenovo Laptop Serial Number
Jika kolom negara berisi negara selain indonesia, dapat dipastikan berarti Produk anda barang Non Resmi Lenovo Indonesia, Bisa Masuk garansi Distributor, atau juga BM.

  • Ciri-ciri Tambahan lain selain hal formal. Berikut ini beberapa ciri lain dari ekternal yang kami temukan di lapangan untuk membedakan garansi. Tapi tidak menjamin bahwa ciri tersebut ada dan tidak nya.
  1. Terdapat Banyak Segel tidak Jelas selain Segel Toko, ditributor resmi (contoh: Metrodata) Dan Lenovo. Biasanya yang paling banyak ditemukan yaitu ada segel di Bagian Monitor samping Dan di Bawah unit. Kalo garansi Resmi, dari distributor tidak pernah ada segel tersebut (Visiland, ECS, Dll) kecuali Metrodata (dulu).
  2. Terdapat tulisan Bahasa Asing di Keyboard. Contoh Bahasa Arab, China, Eropa, India, dll. Dipastikan juga itu Barang Luar.
  3. Kabel Power Charger nya tidak Berbentuk colokan Listrik Indonesia, yaitu Dua PIN bulat. Melainkan 2 pipih atau 3 dan Harus menggunakan converter lagi. Jika Garansi Resmi Lenovo, bawaan nya sudah Bentuk Colokan 2 PIN Bulat SNI Indonesia.
  4. Harga Cenderung Lebih Murah, Malahan harga sebenarnya dia lebih murah dari yang dijual di Toko yang distributor.
  5. Penjual kadang tidak Jujur dengan menulis nya dengan Tulisan Berikut untuk Mengecoh :
  • Garansi Distributor Resmi Indonesia
  • 3 Tahun Garansi (Padahal secara Resmi 1 tahun)
  • 1 Tahun Garansi Resmi Distributor Lokal
  • Garansi merchant 1 tahun
  • Garansi: DISTRIBUTOR 1 TAHUN
  • Tidak Menuliskan Garansi

Kesimpulan :
  • Keputusan membeli barang yang bagaimanapun sepenuhnya ada di tangan Anda.
  • Tanyakan dulu dengan pasti dan yakin akan Garansi barang yang akan anda beli.
  • Berikan Jaminan jika suatu waktu Garansi Barang yang anda terima tidak sesuai sama yang di katakan Penjual. 
  • Barang dengan harga yang lebih murah mempunyai resiko yang lebih besar.
  • Data diatas hanya berupa Hasil Kesimpulan kami, apabila ada hal yang tidak sesuai mohon dikoreksi di Kolom Komentar.


Daftar laptop Rekomendasi termurah dan Terbaik di Kelas nya Masing-masing

Post a Comment

Bijak lah dalam berkomentar di diskusi.

Previous Post Next Post

POST ADS1

POST ADS 2