Mengatasi Lenovo IDEAPAD 110 AMD A9 Restart dan Blue Screen di Windows 10

Mengatasi Lenovo IDEAPAD 110 AMD A9 Restart dan Blue Screen di Windows 10


Selamat siang Pembaca.
Kali ini saya akan membahas Salah satu masalah yang ada di Windows 10 dan khusus nya yang terjadi di Lenovo IdeaPad 110 dengan Processor AMD A9 14AST, akan saya bahas sampai tuntas di blog saya ini. 



Apakah ada yang Memiliki Kejadian serupa dengan saya, yaitu Laptop tiba-tiba Blue Screen setelah menginstall Driver VGA Lenovo IP 110 A9 ?


Sebagaimana kita ketahui bahwa Laptop seri AMD A9 ini adalah penyempurnaan dari Seri Sebelumnya yaitu Processor AMD A8 yang ada di Seri Lenovo IdeaPad G40-45, G41-35 dan Di seri B41-35 yaitu Processor baru dengan Generasi ke-Tujuh (7th Gen) yaitu AMD A9.



Saya tidak akan Membahas Secara detail mengenai Keunggulan dan detail dari Processor ini, tapi kali ini saya akan bahas tuntas dan memecahkan Masalah Blue Screen nya.

Berikut spek singkat Lenovo IP 110 AMD A9 nya.
  • Prosessor : AMD APU A9-9400 up to 3.2 Ghz
  • Kartu Grafis : Kartu grafis terintegrasi Radeon™ R5 Graphicatau Kartu grafis Radeon™ R5 M430 2GB Dedicated VRAM.
  • Layar : 14” HD (1366*768) atau 15.6″ HD (1366*768)
  • Memory : RAM 4GB DDR4
  • Hard Disk : 1TB HDD
  • Optical Drive : DVD Recordable
  • Audio : 1x Stereo Speaker
  • Webcam : 0.3 MP with Analog Microphone
  • WiFi : WiFi 11 a/c
  • Warna : hitam
  • Sistem Operasi : DOS
  • Garansi Resmi : 1 Tahun
1#. Belajar Dari Pengalaman
Sebenarnya masalah seperti ini menjadi masalah di tahap awal penginstalan aja. Dimana jika terjadi masal di semua perangkat baru, berarti ada masalah di bagian software. Terutama bagi saya seorang teknisi di Brand Lenovo. Berbagai masalah kompatibilitas, Driver, tentunya menghantui setiap ada seri atau Model baru keluar, serta di barengi dengan Sistem Operasi baru dimana masih dalam tahap Pengembangan juga, yaitu Windows 10. Sebagai Pengguna Komputer, semestinya diharuskan mengerti seluk-beluk semua itu agar nantinya tidak segera menyalahkan device yang sudah tentu spesifikasi dan kemampuan komputasi nya tertulis di atas kertas dan brosur. Jangan mau asal tinggal pakai aja. Apalagi seri ini kan di bandrol dengan Sistem Operasi DOS, alias belum terisi OS apa-apa (Kosongan).
Bukan hal yang tabu, dimana hampir semua juga secara normal dan wajar bahwa sebuah komputer baru terlahir dengan harddisk baru yaitu tanpa data dan sistem operasi. Hanya akhir2 ini ada beberapa tipe dan model yang sudah terisi secara bawaaan, yaitu Sistem Operasi hasil kerja sama dan subsidi.

2#. Gunakan Update Windows 10 terbaru atau Windows 10 Professional.
Sejak awal saya menginstall kan windows 10 di Laptop ini, saya terbiasa menginstall Windows 10 Pro 64 bit. jadi saya tidak menemukan langsung masalah ini sampai postingan ini terbit, karena masalah Blue screen ternyata Sering keluar di Windows 10 yang pertama keluar, versi Home Single Language.

Jadi saran saya, Gunakan Versi Windows Anniversary, atau version 1607, atau yang baru lagi kalaupun sudah ada.

Atau anda bisa mencoba Windows 10 lama, tapi Edisi Nya jangan Yang Home Single Language, tetapi Windows 10 Pro. Saya telah coba tidak ada masalah Blue Screen terjadi dan tentunya masalah nya ternyata Solved.

3#. Gunakan Driver Dari Website Lenovo Langsung atau dari AMD
Karena Seri baru Lenovo IdeaPad yang berakhiran dengan seri berupa Angka, baik itu 100, 110, 300, 310, 500, 510, 900, lenovo sudah tidak disertai CD Driver. Maklum sekarang sudah jaman internet Kenceng, dan ada WIFI, jadi semua serba Cloud. Selain menghemat biaya produksi, juga ikut menjaga kelestarian Akan Penggunaan Bahan Plastik yang akan menjadi Limbah industri.
Oleh karena itu, gunakan website Lenovo Support di alamat pcsupport.lenovo.com dan masukan 110 14AST
Atau Bisa Kunjungi halaman berikut :

Untuk download dari AMD, bisa mengunjungi Link support.amd.com/en-us/download

Dan ternyata masalah nya sepele saja, semua hanya masalah Kompatibilitas dari Perangkat tersebut, akan Windows 10 yang awal, atau versi pertama dimana pihak Microsoft sendiri pun Memaksa Windows 10 untuk terus Update ke versi yang terbaru dimana Windows 10 adalah Sebuah Sistem Operasi yang memaksa Pengguna Untuk selalu update otomatis, dan tidak ada opsi mematikan Update di setting dan Control Panel pun, kecuali langsung dari Services nya.




Berikut beberapa Komentar di Forum AMD, dan beberapa balasan dari Pihak AMD nya.



Untuk mendownload Windows 10 terbaru, silahkan menuju Search Engine Google dengan keyword berikut : http://tmearn.com/q5ZDc

Sekian dan terima Kasih. Semoga membantu.

5 Comments

Bijak lah dalam berkomentar di diskusi.

Previous Post Next Post

POST ADS1

POST ADS 2