10 Maret 2019

Laptop Lenovo IdeaPad 330 lemot ? Lakukan cara berikut ini sebelum menyalahkan Laptop nya

Baru beli Laptop baru Lenovo IdeaPad nih, tapi kenapa baru Masuk Windows saja belum apa apa sudah kumat, disertai Muntah-muntah dan Pusing ?




Hehehe. . . Slow Man, Just Kidding 😎😜😎


Mari kita mulai Pembahasan kali ini yaitu tentang Mengatasi Masalah laptop Lelet di Lenovo IdeaPad entah itu 310 320 330 atau seri Thin & Light seperti 310s 320s dan 330s.

Dewasa ini teknologi komputerisasi abad ke-20 ini memang berkembang dengan pesat. terutama perkembangan processor kartu grafis chipset dan beberapa komponen pendukung komputer lainnya yang setiap tahunnya silih berganti generasi. Misalnya Intel yang terus berinovasi dan melakukan peningkatan kualitas dan efisiensi kinerja dari sebuah processor beberapa teknologi munculan di dekade ini seperti hadirnya teknologi tentang often hyperthreading, octacore hingga keluarnya processor terbaru dari internal yaitu Intel core i9.

Berpacu dengan perkembangan processor dan kartu grafis nggak ketinggalan dari sisi penggerak pada sebuah komputer yaitu sistem operasi atau antarmuka yang dapat menjalankan sebuah komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi aplikasi serta mengolah data jingga untuk menjalankan multimedia editing bahkan untuk keperluan gaming. Beragam software bermunculan baik dari sistem operasi yang berbasis free seperti Linux yang yang terus bermunculan berbagai distro-distro seperti lineage OS Phoenix OS dan sebagainya sampai ke sistem operasi yang berbayar seperti Windows dan Mac OS.

Windows adalah sistem operasi terbesar dan paling banyak digunakan di hampir semua komputer yang ada di dunia saat ini atau bahkan hampir semua orang yang menggunakan komputer pasti pernah menggunakan sistem operasi yang satu ini. Yap, sistem operasi Windows yang paling terbaru dan mutakhir saat ini yaitu Windows 10.

Dari sisi produsen, Beberapa Vendor produsen komputerisasi telah banyak bermunculan, misal mulai dari IBM  Lenovo Asus Acer HP Dell, dst terus berinovasi dan Memproduksi di setiap Jajaran dan Range harga menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan Permintaan Consumen, tidak terkecuali Lenovo.

Why Lenovo?

Lenovo mengeluarkan beragam varian laptop mulai dari entry-level laptop main stream, IdeaPad series, laptop thin and light di seri Lenovo Yoga, IdeaPad 320s series, 710s bahkan gaming dan multimedia editing Lenovo mengeluarkan seri nya di Legion dan Y series. Tak ketinggalan class business dan small bussiness yaitu Lenovo  thinkpad, Helix, V series, B, L dst. Varian yang paling banyak digunakan dan menjadi mendongkrak penjualan dari Lenovo yaitu Lenovo IdeaPad series, dimana mengusung spesifikasi yang mumpuni dan desain yang kokoh tetapi tetap mempertahankan best value dan keunggulan di range harga tertentu.

Untuk dapat membawakan Windows 10 ke dalam laptopnya, Lenovo bekerjasama dengan Windows untuk membandlingkan Windows 10 langsung secara bawaan terinstal dengan menambahkan selisih harga ke perangkatnya. Tetapi Lenovo masih mengeluarkan varian DOS (Non OS included) bagi pengguna yang ingin melakukan Instalisasi sendiri atau melakukan penginstalan sistem operasi sendiri sesuai dengan yang diinginkan, misal Linux, dll tentunya akan mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang yang sudah bawaan ( Bundling).

Clue .. . 

Dengan Hadirnya Sistem Operasi bawaan, Lenovo tentunya akan melakukan Penyetelan, dan melakukan Instalasi beberapa Program Tools yang berguna untuk menunjang Performa dari Laptop tersebut, misal Driver, Program bawaan, Energy management, dan beberapa Program hasil kerjasama Lenovo dengan Penyedia Software.



Sayangnya Beberapa Program bawaan malah mengganggu ( biasa disebut: Bloatware ) dan malah mengakibatkan Resource dan Kinerja Komputer terkuras dan malah membuat Laptop Lambat dan Lemot sehingga setiap buka aplikasi akan terasa Lag bahkan Not Responding.

Beberapa Nama Program dibawah ini adalah Nama Program bloatware yang biasa ada di Laptop dengan Bawaan Windows, dan sebaiknya dihapus saja :
  • Lenovo Solution Center
  • Lenovo Photo Master
  •  Lenovo Accelerator Application
  • Lenovo System interface fundation
  • Lenovo Update
  • Lenovo FusionEngine
  • Superfish
  • McAfee Internet Security (Trial)
  • Lenovo PowerDVD
  • Lenovo Power2GO
  • Microsoft Office (Trial)
Masalah Pertama: Adanya Bloatware yang langsung Aktif pada saat awal masuk ke Windows, terutama McAfee yang akan langsung memenuhi Task Manager kamu, dan Menghabiskan kinerja Disk.

Solusinya, hapus Program bloatware diatas dari Control Panel > Uninstall. > Pilih Nama Program nya > Uninstall > ikuti Step2 nya hingga Selesai.

Setelah Itu silahkan Restart Laptop kamu, pasti akan ketara Performanya.

**Note: Pada laptop-laptop keluaran baru dari Lenovo, sudah mulai sedikit Bloatware, kemungkinan McAfee dan Office Trial Desktop Apps saja bloatwre nya.


Masalah Kedua: Windows 10 datang dengan Setelan Awal Windows Update nya Update Secara Otomatis dibelakang layar, jadi pada saat Laptop terhubung ke Jaringan, Windows akan langsung menarik pembaruan Sistem Operasi, dampak nya Koneksi internet akan terkuras termasuk Kuota, dan Penggunaan RAM yang boros apabila sedang dalam posisi Mendownload File Update yang biasanya memiliki Ukuran File besar.

Solusinya, Matikan Fitur Automatic Update dari Windows 10 dari GPEDIT. Berikut langkah-langkah nya dapat dilihat di postingan: https://aws86.blogspot.com/2018/08/cara-mematikan-windows-update-windows.html

Dengan Cara diatas, seharusnya Laptop kamu sudah Lancar, bebas hambatan dan siap untuk dipakai sesuai dengan Kebutuhan aplikasi kamu.

Semoga Membantu, Share apabila Tutorial kami ini bermanfaat bagi kamu dengan mengklik Tombol Share dibawah, sekian.

Disqus Comments